Monday, February 25, 2019

Bagaimana Tips Dan Cara Mengatasi Anak Rewel

Cara Mengatasi Anak Rewel ''Ketika anda memiliki anak, maka sering kali anda menjumpai ekspresi wajah yang terkadang ceria, murung, marah dan rewel. Ketika anak sedang ceria sering kali para orang tua merasa bahagia, namun ketika anak sedang rewel sering kali para orang tua jengkel bahkan tidak sabar.



Bentuk ketidak sabarannya sering kali dilupakan dengan sebuah cubitan atau pukulan. Pada saat mencubit anaknya seringkali para orang tua merasa bahwa anaknya tidak mau nurut atau diatur. Padahal tidaklah demikian, mungkin bisa saja dia rewel cuman beberapa hari saja, sedangkan dihari-hari yang lain dia ceria.
Ketika anak anda rewel disinilah sikap dan mental orang tua diuji.

Seberapa sabar mereka dalam menghadapi anak yang rewel. Banyak orang yang mengartikan sabar itu ada batasnya, padahal yang benar sabar itu tidak ada batasnya. Ketika anda merasa bahwa di masa depan anak anda akan menjadi orang besar '( orang sukses ) maka otomatis anda akan terus bersabar dalam mendidik dan merawat anak anda.
Cubitan ketika anak anda rewel adalah bukan sebuah solusi jika cubitan itu dilakukan secara terus menerus. Bahkan cubitan dapat menyebabkan anak anda trautama dan mungkin dia merasa bahwa orang tuanya tidak berlaku baik padanya. Diharapkan para orang tua untuk tidak terlalu sering mencubit ketika si anak sedang rewel.


Coba tanyakan pada diri anda masing-masing ketika anda sudah mencubit anak anda, perasaan apa yang muncul? Pasti anda merasa bersalah pada anak anda karena anda telah mencubit. Anda merasa bahwa anda belum bisa menjadi orang tua yang baik.
Ketika anda merasa demikian maka segeralah meminta maaf kepada anak anda karena anda telah mencubit. Jelaskan pada anak anda bahwa cubitan yang anda lakukan karena anda sedang lelah (misalnya).

Jangan lupa juga nasehati anak anda untuk tidak melakukan hal tersebut lagi.
Ketika anda meminta maaf kepada anak anda, maka anak anda akan merasa tenang dan bisa memaklumi keadaan orang tuanya. Anak anda pun juga akan merasa bahwa dirinya juga bersalah dan dia tidak akan melakukan hal demikian lagi. Sebuah permintaan maaf kepada anak anda juga dapat menghilangkan perasaan dendam yang ada pada dirinya karna ditakutkan ketika orang tua melakukan kekerasan, maka sang anak memiliki dendam pada anda.


Maka dari itu sebagai orang tua anda harus belajar dan memiliki kemampuan bagaimana cara mengatasi anak rewel. Agar ketika anak anda rewel anda dapat mengatasinya dengan mudah. Untuk itu membaca artikel tentang bagaimana cara mengatasi anak rewel adalah hal yang penting.
Di artikel ini penulisngapak.com akan membagikan informasi mengenai penyebab anak rewel, bagaimana cara mengatasi anak rewel dan lain sebagainya. Diharapkan para orang tua tidak mencubit anaknya lagi ketika anak sedang rewel.

Penyebab Anak Rewel

Banyak sekali penyebab seorang anak rewel, para orang tua harus dapat membaca pikiran dan situasi si anak ketika si anak rewel. Ketika sudah bisa membaca situasi dan pikiran si anak maka para orang tua langsung sudah dapat menemukan solusinya.

Lapar

Ketika Bayi anda sedang lapar sering kali anak anda akan rewel. Rewelnya si bayi biasanya diluapkan dengan cara menangis, ia tidak bisa berhenti menangis jika anda belum memberikan susu padanya.
Biasanya bayi rewel di bulan-bulan awal setelah dia dilahirkan. Pola tangisanya pun bisa dibaca, biasanya ditandai dengan tangisan yang kontinyu, menutut dan hampir sedikit berirama. Namun iramanya tentu tidak mengandung unsur musik.

Popok Basah

Popok yang basah entah itu karena buang air besar atau buang air kecil penyebab bayi tidak nyaman dan otomatis ia akan menangis terus. Si Bayi tidak akan berhenti menangis sampai popoknya dibersihkan dan diganti. Jika bayi anda rewel atau menangis anda bisa langsung cek popoknya.

Meminta Ditemani

Rata-rata si bayi membutuhkan seseorang untuk selalu berada didekatnya entah itu untuk teman bermain atau meminta bantuan. Jika ia merasa dirinya kesepian maka ia akan menangis dengan keras yang terkadang membuat orang dewasa terganggu karena tangisannya. Maka dari itu temani si bayi agar tidak rewel dan menangis

Cuaca panas atau dingin

Sebab bayi rewel dan menangis selanjutnya adalah karena cuaca panas atau cuaca dingin. Diharapkan para orang tua untuk sabar jika cuaca sedang tidak menentu karena jika cuaca terlalu panas atau dingin bayi akan sulit untuk beristirahat sehingga ia akan menangis. Ketika rumah anda dilengkapi ventilasi yang cukup maka bayi akan merasa nyaman.

Pakaian terlalu ketat

Ketika baju yang dikenakan bayi terlalu ketat maka otomatis bayi akan merasa tidak nyaman. Apalagi jika cuaca sedang panas maka bayi sulit untuk mentoleransi, sehingga bayi akan mudah menangis.

Gigitan Nyamuk

Kulit bayi yang masih sensitif membuat ia tidak tahan akan gigitan nyamuk karna gigitan nyamuk yang terkadang sakit. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menggunakan kelambu ditempat tidur anak anda.

Hidung Yang Tersumbat

Apabila hidung bayi tersumbat karena flu maka bayi akan sulit untuk bernafas sehingga otomatis bayo akan menangis. Anda dapat mengeluarkan hidung bayi dengan menggunakan tips membersihkan hidung bayi yang aman.
Jika anak anda rewel maka coba cek penyebab rewel diatas. Adapun kerewelan-kerewelan anak lainnya yang akan saya bahas beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu para orang tua dalam menenangkan anaknya.

Cara Mengatasi Anak Rewel

Ketika Sedang Sakit

Dikala anak sedang sakit maka tak bisa dipungkiri jika ia akan rewel karna ia merasa badannya sedang tidak enak. Ketika sedang sakitpun anak akan menjadi gampang berubah mood dan menjadi lebih manja.
' Bersabarlah ketika anak anda sedang sakit karna mereka lebih banyak membutuhkan perhatian ketimbang saat ia sedang sehat. Jalin komunikasi yang baik misalnya dengan mengusap-usap perut atau hal lainnya agar ia merasa diperhatikan dan terhibur.
' Sikap sabar juga diperlukan ketika akan memberi obat dan makan. Jika si anak menolak untuk makan maka tak perlu dipaksa mungkin kondisi perutnya sedang tidak enak. Tetapi anda tetap merayu agar dia makan walaupun sedikit demi sedikit. Katakan juga jika dia harus minum obat agar besoknya ia bisa kembali bermain.
' Anda juga dapat membuat suasana menyenangkan agar anak anda tidak bosan di rumah terus. Seperti halnya membacakan dongeng favoritnya, menyediakan boneka atau menonton film secara bersama-sama. Hindari juga ekspresi sedih di depan anak karna bisa membuatnya down kembali.

Rewel ketika mengunjungi tempat baru

Ketika mengunjungi tempat yang baru dikunjunginya seringkali anak mendadak rewel. Perilaku tersebut sering kali membuat kesal para orang tua dan si anak meminta pulang terus.
Sebelum anda mengajak anda berpegian,anda perlu membekali pengetahuan kepada anak tentang tempat yang akan dikunjunginya. Anda juga perlu menceritakan kondisi apa saja yang akan dialaminya serta benda-benda yang terdapat disana.

Rewel Ketika Bertamu

Seringkali ditemukan peristiwa anak merengek-rengek untuk minta diantar pulang ketika diajak untuk bertamu. Hal ini disebabkan karena ia menganggap rumahku adalah surgaku dan tidak ada tempat paling nyaman dan indah selain dirumah.
Apalagi ketika di lingkungan rumah benar-benar membuatnya bahagia karena luas dan banyak mainan. Selain itu juga si anak bertemu dengan orang-orang asing di rumah orang lain yang membuatnya enggan untuk berlama-lama.

Buat situasi sekitar terasa nyaman. Sebelum anda mengajaknya pergi bekali anak anda dengan banyak mainan. Apabila dirumah orang yang hendak anda kunjungi terdapat anak kecil maka ajaklah untuk bermain bersama. Apabila kondisi tubuh sedang lelah maka biarkan saja dia beristirahat sejenak.
Ajarkan kepada anda anda tentang bersosialisasi dengan cara mengunjungi rumah tetangga, saudara teman atau sahabat sehinga kelak dia bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Bagaimana Tips Dan Cara Mengatasi Anak Rewel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: akueh

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts